Hi Friends ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Welcome On Not Magazine Website
News Mobile Version

Pria Inilah Pemicu Kerusuhan Besar di Inggris

Written By HENRY GO BLOG on Rabu, 10 Agustus 2011 | Rabu, Agustus 10, 2011


Kerusuhan di Inggris telah berlangsung selama empat hari dan menjalar ke tujuh kota lainnya di negara tersebut. Peristiwa ini membuat pemerintah mengadakan rapat darurat, memanggil semua pejabat yang tengah berlibur.

Kerusuhan diduga dipicu oleh kematian Mark Duggan di tangan polisi pekan lalu. Kerabat dan teman Duggan yang tidak terima langsung menyerbu kantor polisi, membakar, dan menjarah. Lalu, siapa sebenarnya Mark Duggan? Mengapa banyak yang marah atas kematiannya?

Dilansir dari harian The Guardian, Selasa, 9 Agustus 2011, Mark Duggan adalah seorang pria kulit hitam berusia 29 tahun. Menurut kerabatnya, ayah dari empat orang anak ini sama sekali bukan anggota gangster atau penjahat seperti yang ramai diberitakan media. "Dia pria baik-baik dan mencintai keluarganya," kata salah satu kerabatnya.

Tunangan Duggan, Semone Wilson, mengatakan bahwa Duggan memang terkenal di kalangan kepolisian, namun ia tak pernah dipenjara. Wilson yang sudah bersama Duggan selama 12 tahun itu mengatakan, tunangannya adalah seorang ayah yang baik dan sangat mencintai anak-anak mereka.

"Jika memang tunangan saya memiliki pistol, yang saya tidak tahu itu benar atau tidak, dia akan lari. Mark itu selalu menghindar. Dia lebih baik lari daripada menembak," kata Wilson. "Media selama ini menggambarkannya sebagai gangster. Mark bukan gangster. Dia tidak kenal satupun geng ataupun gangster, dia bukan pria seperti itu."

Seorang kerabat Duggan, Shaun Hall, berkata bahwa pemberitaan di media yang menyebutkan saudaranya mulai menembak polisi adalah omong kosong. "Saudaraku tidak seperti itu. Dia tidak sebodoh itu untuk menembak polisi. Berita itu konyol," katanya.

Namun salah satu suratkabar Inggris mengklaim bahwa Duggan dan sahabatnya, rapper berusia 23 tahun bernama Kelvin Easton, tergabung dalam Star Gang. Klaim ini timbul setelah ditemukan foto Duggan dalam akun Facebooknya yang dinamai Starrish Mark, mengenakan kaos bertulis nama geng tersebut.

Laporan lain yang belum dapat dikonfirmasi kebenarannya adalah mengenai dugaan keterlibatan Duggan sebagai kurir narkoba. Beberapa pesan dalam akun Facebooknya seolah menguatkan dugaan ini, karena pria itu disebut 'prajurit', 'bintang sesungguhnya', dan 'jenderal bintang lima'. Salah satu karangan bunga yang ada di depan rumah pria kelahiran 15 September 1981 ini bahkan dikirim oleh 'Gang N17 Farm', geng sekutu Star Gang.

Namun ungkapan hati para pelayat Duggan dipenuhi dengan pesan-pesan bernada kerinduan dan juga kesedihan dari para kerabat dan temannya. 'Aku sangat merindukanmu memasak,' tulis salah satu pesan. 'Beristirahatlah dengan damai saudara-saudaraku, kalian tak akan terlupakan,' kata pesan lain yang memasang foto Duggan bersama Easton.




• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar