Microsoft Word mempunyai salah satu pilihan auto summary yang secara otomatis akan membuat ringkasan dokumen untuk Anda. Bila Anda memilih opsi ini, Word akan memeriksa dokumen dan menyoroti kalimat yang paling penting. Dan akan secara otomatis membuat ringkasan dari dokumen anda.
Pilihan Auto Summary tidak tersedia secara default pada Word 2007. Anda dapat membuat alat ini tersedia dengan mengikuti langkah-langkah:
1. Klik tombol Office dan pilih Word Options.
2. Klik Customize.
3. Menggunakan Choose Commands Dari daftar drop-down, pilih Perintah Bukan Di Ribbon/Commands Not In the Ribbon.
4. Dalam daftar perintah yang tersedia, cari dan pilih AutoSummary tool.
5. Klik tombol Add. Perintah disalin ke sisi kanan kotak dialog.
6. Klik OK.
Alat AutoSummary sekarang muncul pada toolbar Akses Cepat. Untuk membuat ringkasan dokumen:
1. Buka dokumen yang ingin Anda ringkas.
2. Klik tool pada toolbar AutoSummary Akses Cepat.
3. Pilih Auto Summarize dari submenu yang muncul.
4. Di tipe Jenis Ringkasan, tentukan yang mana dari empat jenis ringkasan yang ingin Anda buat.
5. Di tipe Panjang Ringkasan, anda dapat menentukan berapa persen dari naskah asli yang akan dijadikan ringkasan.
6. Klik tombol OK.
Dan sekarang naskah dokumen anda pun telah teringkas dengan baik secara otomatis dan cepat.
0 komentar:
Posting Komentar